Selamat Datang di Website MIN KABIR, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Rabu, 06 Juni 2012
By PPM NTT ( http://www.mdc-ntt.com )

Ciri Khas Madrasah diartikan sebagai keseluruhan kegiatan kependidikan di madrasah yang karena keberadaan dan pengalaman historisnya memiliki ciri dan karakter yang diwarisi oleh nilai-nilai keislaman. Pengembangan ciri khas madrasah berfungsi untuk membentuk manusia indonesia seutuhnya sebagai muslim yang taat menjalankan ajaran agamanya.
Untuk maksud tersebut diperlukan suasana kondusif dalam kehidupan yang sarwa ibadah di kalangan peserta didik, guru, tenaga kependidikan lainnya dan masyarakat di lingkungan madrasah. Tujuan pengembangan ciri khas Agama Islam pada madrasah adalah memberikan landasan Islami ( basic reference) yang kokoh agar peserta didik memiliki kepribadian yang kuat yang dilandasi oleh nilai-nilai keislaman bagi perkembangan kehidupan selanjutnya untuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya dengan masyarakat Indonesia seluruhnya.


Oleh karena itu dimunculkan adanya aspek dari komponen sistem pendidikan yang dapat dikembangkan menjadi ciri khas sebagai identitas madrasah, khususnya dalam upaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan sebagai situasi kondusif yang mampu menjamin terbentuknya akhlak mulia bagi perkembangan kepribadian peserta didik, kesemuannya dijabarkan dalam kompetensi lulusan madrasah untuk mata pelajaran agama dan akhlak mulia. Strategi pengembangan ciri khas agama islam di madrasah perlu menjadikan agama Islam sebagai: Basic Reference seluruh kegiatan pendidikan di Madrasah. Ajaran Islam merupakan pondasi dari seluruh aktifitas kehidupan muslim, dan karena itu sangat tepat manakala setiap kegiatan di madrasah memakai rujukan utama Al Quran dan Sunnah Rasul baik pada tingkat operasional maupun konseptual. Oleh karena itu motto: Tiada hari tanpa Al Quran dan kehidupan sarwa ibadah memotivasi pada seluruh aktifitas kehidupan di madrasah. Hal ini penting mengingat pendidikan di madrasah diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan kehidupan masyarakat yang Islami. Dalam tataran yang lebih luas, pendidikan di madrasah merupakan wahana yang memiliki kedudukan sentral dalam memberikan warna dalam kehidupan masyarakat sekitarnya. Secara garis besar strategi pelaksanaan ciri khas agama Islam pada Madrasah adalah sebagai berikut: Peningkatan kualitas pendidikan agama melalui semua mata pelajaran pendidikan agama. Peningkatan kualitas pendidikan agama melalui mata pelajaran selain mata pelajaran agama. Peningkatan kualitas pendidikan agama melalui kegiatan ekstra kurikuler. Peningkatan pendidikan agama melalui penciptaan suasana keagamaan yang kondusif dan Peningkatan kualitas pendidikan agama melalui pembinaan dan pengamalan agama dan shalat jama-ah di madrasah. Ulasan diatas merupakan sebagain kecil dari muatan Pedoman Pengembangan Ciri Khas Islam di Madrasah. Diharapkan seluruh madrasah khususnya di wilayah provinsi NTT mengupayakan langkah-langkah dalam mewujudkan penerapan pengembangan ciri khas islam di madrasah. Untuk itu, sebagai langkah awal, silahkan mendownload Pedoman Pengembangan Ciri Khas Islam di Madrasah pada link dibawah ini. Pedoman Pengembangan Ciri Khas Islam di Madrasah