Selamat Datang di Website MIN KABIR, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Selasa, 08 Juli 2014
MIN Kabir (Inmas) – Kepala Kementerian Agama Kabupaten Alor, Drs. Muhammad Marhaban bersama Kepala seksi pendidikan Islam, Ruslin, M.Pd dan Pengawas Madrasah Kamaruddin, S.Ag menyerahkan Piagam Penghargaan kepada  9 orang perintis berdirinya  Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ta’lamulhuda Kabir  2014 di aula MIN Kabir kecamatan Pantar Kabupaten Alor, beberapa waktu yang lalu.
Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ta’lamulhuda Kabir  didirikan tahun 1968 silam yang
telah dinegerikan pada tahun 2009  menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kabir sekarang ini.
Penyerahan Piagam Tersebut disertai Paket Ramadhan berupa uang tunai sebesar Rp 250.000 perorang dan surat rekomendasi dispensasi beasiswa/bebas biaya sekolah bagi siswa miskin dari anak cucu Perintis MIN kabir  1 orang pertahun dari masing-masing Perintis.
Tokoh perintis MIN Kabir yang mendapat penghargaan tersebut adalah L.B.Thalib, .Daing Lang Ere (almarhum), Hatta Daing Mamala (almarhum), Tapo Oa, Sanusi Tukang (almarhum), Saddung Rabana(almarhum), Ola Kamis (almarhum), Syamsudin Haju (almarhum), dan Umar-Umar (almarhum).
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Alor dalam arahannya mengatakan bahwa maksud Pemberian Piagam penghargaan tersebut adalah untuk memotivasi kembali semangat juang anak cucu para perintis madrasah setidaknya sebagai pilar-pilar Madrasah, rasa memiliki dan memasyarakatkan madrasah sebagai lembaga urgen primer dari segala kebutuhan Generasi Islam termasuk Ibadah sekalipun.
“Karena ibadah tanpa ilmu yang sempurna lebih hina dari tidurnya orang berilmu,” lanjutnya.
Masih menurut Marhaban,  penyerahan penghargaan ini juga sebagai rasa terima kasih atas nilai perjuangan yang begitu dari tokoh – tokoh tersebut. 
“Mereka telah berbuat amal jariyah yang diterima pahalanya mengalir terus bagai banjir bah yang tidak kenal musim karena siswa mengalir ratusan berbondong-bondong setiap hari dan detiknya selama MIN Kabir berjalan Proses Belajar Mengajar dengan baik, “ lanjutnya.
Setelah Acara penyerahan Piagam dilanjutkan dengan acara Buka bersama tokoh masyarakat perintis dan keluarga almarhum paraperintis.***MK(tamrin)